Pada tahun 1997, berdiri Lembaga Psikologi Kartika Semarang yang bergerak di berbagai bidang pelayanan psikologi dan pengembangan Sumber Daya Manusia. Bidang Psikologi Industri dan Organisasi (Recruitment, Penempatan, Promosi, Mutasi, Profiling Jabatan, dan Konseling Karir), Bidang Klinis (Deteksi Tendensi Klinis, Psikoterapi), Bidang Pendidikan (Tes IQ, Tes Bakat dan Minat, Tes Potensi Diri, dan Achievement Motivation Training), Bidang Sosial (Konseling Keluarga, Konseling Pernikahan), Bidang Umum (Outbond, Paintball, dan Rafting)

Senin, 02 April 2012

Gelar AMT Jelang UN


STRATEGI SMP DOMENICO SAVIO MENJELANG UN

UN siswa SMP sudah di depan mata. Banyak usaha yang dilakukan agar siswa lebih matang dalam bidang akademik. Bentuk kepedulian SMP Domenico Savio terhadap kondisi tersebut ialah dengan mengadakan Achievement Motivation Training (AMT) dengan didampingi oleh Lembaga Psikologi Kartika.
Kegiatan AMT diikuti oleh seluruh siswa kelas IX SMP Domenico Savio. Dikarenakan jumlah siswanya yang terlampau banyak, maka dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok I terdiri dari 6 kelas (2April2012) dan kelompok II terdiri dari 5 kelas (3April2012).
Pertama kali, seluruh peserta diarahkan untuk mengikuti senam otak guna menyelaraskan otak kanan dan otak kiri. Tak sedikit peserta beserta Guru Pendamping yang tertawa menyaksikan pola tingkah seluruh peserta ketika mengikuti senam otak, baik ketika dipadukan oleh musik maupun melalui baris-berbaris layaknya anggota Paskibra. Berikutnya, tim Lembaga Psikologi Kartika melakukan penggalian data guna merefleksikan bahwa pengalaman masa lalu adalah prosesnya masa kini, dan masa kini adalah prosesnya masa depan. Asisten Psikolog Lembaga Psikologi Kartika, Lenny Anggriani, S.Psi mengungkapkan bahwa dalam menghadapi UN diperlukan strategi yang matang, oleh karena itu cara belajar di masa lalu yang cenderung monoton sebaiknya tidak dijadikan sebagai pedoman karena pendidikan itu dinamis.
Kemudian, tiba saatnya seluruh peserta dibagi dalam beberapa kelompok ditantang untuk menunjukkan kebersamaan dan kekompakan dalam tim. Sebagai pembukaan, setiap kelompok diharuskan menampilkan yel-yel pemacu semangat. Banyak kejadian lucu dan tidak terduga selama permainan ini dan membuat para peserta semakin bersemangat. Hal tersebut ditunjukkan melalui beberapa aksi kelompok yang antusias ingin menunjukkan yel-yel kelompok dengan berbagai gaya dan dikombinasikan dengan lagu yang sedang in di Tanah Air, salah satunya yaitu Iwak Peyek. Setelah tim yang solid terbentuk, saatnya seluruh peserta diajak bermain game human machine (2-3-’12) dan menara sedotan (3-3-’12). Seluruh siswa SMP Domenico Savio menunjukkan kreativitas yang luar biasa. Untuk game human machine, seluruh anggota per kelompok mampu memerankan perannya dengan baik. Sedangkan untuk game menara sedotan, seluruh kelompok mampu membentuk beberapa miniatur gedung dengan menarik dan inovatif, seperti menara eifel, gaun pengantin, rumah, dll. Kejadian tersebut membuat penonton dan peserta lain yang melihatnya tertawa serentak, karena banyak aksi dan pola tingkah peserta yang atraktif dalam mempresentasikan hasil karyanya tersebut.
Di akhir sesi acara, seluruh peserta dikondisikan untuk bisa duduk bersila dengan mata terpejam. Dalam suasana hening, disertai alunan musik, didampingi tim Lembaga Psikologi Kartika, seluruh peserta (sambil memejamkan mata) diminta untuk menghayati seluruh proses internalisasi hingga tuntas. Kegiatan internalisasi ini diberikan agar di dalam jiwa siswa tumbuh kesadaran untuk belajar giat, taat orang tua dan guru, menyadari berbagai kesalahan yang telah dilakukan serta tidak akan mengulanginya lagi. Banyak siswa yang menangis tersedu-sedu, sambil telentang, sebagian duduk bersandar. Untuk mengakhiri kegiatan, siswa diminta menjabat tangan para guru, memohon maaf dan mohon doa restu agar sukses ujian.
Pimpinan Lembaga Psikologi Kartika, Zainuri, SH mengungkapkan bahwa kegiatan AMT ini akan berdampak positif bagi siswa agar memiliki strategi dalam mempersiapkan UN, bisa lebih percaya diri dan yakin mampu mencapai target tersebut. Selain itu, diharapkan pula agar SMP Domenico Savio mampu meningkat, dari SMP Nomor 1 tingkat Semarang, menjadi Nomor 1 tingkat Jawa Tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar